Selasa, 29 November 2016

LKS BIOTEKNOLOGI

Flowchart: Document: Kelompok:….
Anggota:
1.	…………........
2.	……………….
3.	……………….
4.	……………….
5.	……………….
6.	……………….
 

LEMBAR KERJA SISWA

 
 




Tema                             : PEMBUATAN TEMPE
      Standar Kompetensi      : SK: 6. Mengidentifikasi berbagai produk bioteknologi yang ada di masyarakat
                                       
A.      Kompetensi Dasar: 
6.1 Membuat produk bioteknologi Konvensional  

                                                                                               
B.      Tujuan:
Setelah melakukan proses pembelajaran dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat mengetahui :
1.    Dapat membuat produk bioteknologi konvensional
2.    Mengetahui mikroorganisme yang terlibat dalam proses pembuatan tempe.
3.    menyebutkan tujuan pemberian ragi pada pembuatan tempe.
4.    menyebutkan pengertian fermentasi.
5.    mengidentifikasi penyebab lunaknya tempe saat difermentasi.


C.      Landasan Teori

Berbagai bioteknologi kini telah banyak di jumpai di pasaran. Baik yang berupa produk bioteknologi modern maupun konvensional. Tempe merupakan salah satu produk bioteknologi tradisional yang banyak digunakan dan diproduksi oleh masyarakat. Mudah cara membuatanya, terjangkau harganya dan padat nilai gizinya.


D.     Alat dan Bahan
1.      Kedelai 250g
2.      Ragi tempe yang dihaluskan 1 sendok teh
3.      Plastik bening ukuran 250 g gula
4.      Kompor
5.      Baskom plastik
6.      Panci


E.       Cara Kerja:
1.      Timbanglah biji kedelai yang telah disiapkan,kemudian cucilah sampai bersih.
2.      Rendam biji kedelai selama 2 jam.
3.      Rebuslah biji kedelai tersebut selama 1 jam
4.      Remas-remas biji kedelai hingga kulitnya terkelupas dan bijinya terbelah.
5.      Cuci kembali, kemudian rendamlah dalam air bersih selama 15 jam.
6.      Rebus kembali biji kedelai, selama 10 menit dalam air mendidih, kemudian tiriskan dan dinginkan.
7.      Tambahkan ragi tempe ke dalam biji kedelai tersebut, campur hingga merata.
8.      Bungkuslah dengan plastik bening.
9.      Inkubasikan selama lebih kurang 48 jam.



F.       Data Pengamatan
HARI KE-
KEADAAN FISIK KEDELAI
SEBELUM DI BERI RAGI
SETELAH DI BERI RAGI













1.      Bagaimana keadaan (fisik) kedelai sebelum diberikan ragi?
2.      Bagaimana keadaan fisik kedelai sesudah di beri ragi?
3.      Pada hari keberapa muncul benang-benang halus berwarna putih?
4.      Kapan benang- benang putih menjadi tebal?
5.      Kapan (hari keberapa) tempe sudah siap disajikan/dimasak/dijual?


G.     Pertanyaan untuk didiskusikan  (Lembar Diskusi Siswa /LDS)
1.      Jelaskan organise yang berperan dalam pembuatan tempe!
2.      Jelaskan mengapa dalam pebuatan tempe dibutuhkan ragi?
3.      Apa yang kalian ketahui tentang fermentasi?
4.      Apa yang menyebabkan lunaknya tempe saat difermentasi?
5.      Tempe merupakan produk bioteknologi modern. Jenis bioteknologi apakah yang berperan dalam proses pembuatan tempe? Jelaskan dan beri alasanmu!
6.      Sebutkan jenis bahan makanan yang dibuat menggunakan biteknologi konvensional dan sebutkan mikroba yang berperan di dalamnya!
7.      Buatlah presentasi proses dan hasil kerja pembuatan tempe disertai data-data pendukung (dokumentasi) dan hasil diskusi secara berkelompok dan kumpulkan dalam bentuk CD!


H.     Buatlah kesimpulan dari percobaan membuat produk bioteknologi konvensional!
Jawab:
Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar